Senin, 06 April 2015

Virus Perkelahian Jerawat

Oleh Daniel J. Denoon
WebMD Health News Diulas oleh Louise Chang, MD
WebMD Arsip Berita
25 September 2012 - Virus yang membunuh bakteri penyebab jerawat bisa membuat pengobatan jerawat yang kuat, penelitian baru menunjukkan.

Sebuah spesies tertentu dari bakteri, Propionibacterium acnes, merupakan penyebab utama dari menyenangkan, kadang-kadang menodai dokter penyakit memanggil acne vulgaris. Bakteri hidup di dalam lubang-lubang di kulit yang mengandung folikel rambut dan kelenjar keringat.

Tapi bug jerawat memiliki musuh: sejenis virus yang disebut bakteriofag, atau fag untuk pendek. Fag menyuntikkan materi genetiknya ke dalam bakteri, memaksa mereka untuk membuat semakin banyak fag baru sampai mereka meledak.

Sekarang UCLA peneliti Laura Marinelli, PhD, Robert Modlin, MD, dan rekan telah melihat dari dekat 11 fag yang berbeda yang membunuh bakteri jerawat. Mereka menemukan bahwa tidak seperti kebanyakan fag, yang mampu membunuh P. acnes yang terkait erat satu sama lain, dengan relatif sedikit perbedaan genetik mereka.

Sebagian besar fag mampu membunuh sebagian besar strain bakteri jerawat.

"Fag diprogram untuk menargetkan dan membunuh bakteri tertentu, sehingga P. acnes fag akan menyerang hanya P. acnes bakteri, tetapi tidak yang lain seperti E. coli," kata Marinelli.

Properti ini "membuat fag ini calon yang ideal untuk pengembangan terapi anti-jerawat berbasis fag topikal," Marinelli, Modlin, dan rekan menyarankan.

Para fag juga membuat enzim yang melarutkan dinding sel bakteri jerawat. Enzim ini sendiri mungkin membuat pengobatan jerawat yang baik, para peneliti menyarankan.

Temuan baru muncul dalam edisi September / Oktober mBio, jurnal dari American Society for Microbiology.

Referensi:
http://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/acne/news/20120925/virus-fights-acne

0 komentar:

Posting Komentar