Senin, 06 April 2015

Penyakit Gusi

Pengantar

Penyakit gusi adalah kondisi yang sangat umum di mana gusi menjadi bengkak, sakit atau terinfeksi.
Ini diperkirakan mempengaruhi lebih dari setengah dari seluruh orang dewasa di Inggris untuk beberapa derajat dan kebanyakan orang mengalami setidaknya sekali. Hal ini jauh lebih umum pada anak-anak.
Jika Anda memiliki penyakit gusi, gusi Anda dapat berdarah saat Anda menyikat gigi Anda dan Anda mungkin memiliki bau mulut. Tahap ini penyakit gusi yang dikenal sebagai gingivitis.
Jika gingivitis tidak diobati, kondisi yang disebut periodontitis dapat berkembang. Ini mempengaruhi jaringan yang mendukung gigi dan menahan mereka di tempat. Di Inggris, hingga 15% dari orang dewasa diperkirakan memiliki periodontitis berat, dengan lebih banyak terpengaruh kurang parah.
Jika periodontitis tidak diobati, tulang rahang Anda dapat membusuk dan ruang-ruang kecil dapat membuka antara gusi dan gigi. Gigi Anda bisa menjadi longgar dan akhirnya bisa rontok.
Baca lebih lanjut tentang gejala penyakit gusi.
Apa yang menyebabkan penyakit gusi?
Penyakit gusi disebabkan oleh penumpukan plak pada gigi. Plak adalah zat lengket yang mengandung bakteri, yang terbentuk ketika Anda makan dan minum.
Beberapa bakteri dalam plak yang tidak berbahaya, namun ada juga yang sangat berbahaya bagi kesehatan gusi Anda. Jika Anda tidak menghilangkan plak dari gigi dengan menyikat mereka, itu akan membangun dan mengiritasi gusi Anda, yang mengarah ke kemerahan, pembengkakan dan nyeri. Jika sudah mengalami kondisi ini, maka perlu tindakan lanjut obat gusi bengkak.
Baca lebih lanjut tentang penyebab penyakit gusi.
Melihat dokter gigi
Anda harus membuat janji untuk melihat dokter gigi Anda jika gusi Anda yang menyakitkan, bengkak atau jika mereka berdarah saat Anda menyikat gigi. Cari dokter gigi di dekat Anda.
Dokter gigi dapat melakukan pemeriksaan gigi secara menyeluruh untuk memeriksa kesehatan gusi Anda, yang mungkin melibatkan memasukkan logam tongkat tipis dengan tikungan di salah satu ujung (probe periodontal) di samping gigi Anda.
Dalam beberapa kasus, sejumlah sinar-X mungkin diperlukan untuk memeriksa kondisi gigi dan tulang rahang.
Mencegah dan mengobati penyakit gusi
Kasus ringan penyakit gusi biasanya dapat diobati dengan mempertahankan tingkat baik kebersihan mulut. Ini termasuk menyikat gigi minimal dua kali sehari dan flossing secara teratur. Anda juga harus memastikan bahwa Anda menghadiri biasa gigi check-up.
Dalam kebanyakan kasus, dokter gigi atau ahli kesehatan gigi akan dapat memberikan gigi menyeluruh bersih dan menghilangkan plak mengeras (tartar). Mereka juga akan dapat menunjukkan kepada Anda bagaimana untuk membersihkan gigi Anda secara efektif untuk membantu mencegah membangun plak di masa depan.
Jika Anda memiliki penyakit gusi yang parah, biasanya Anda akan perlu memiliki perawatan medis dan gigi lebih lanjut dan, dalam beberapa kasus, pembedahan mungkin perlu dilakukan. Hal ini biasanya dilakukan oleh seorang spesialis dalam masalah gusi (periodontik).
Baca lebih lanjut tentang mengobati penyakit gusi dan menjaga gigi Anda bersih.
Gigi check-up
Hal ini penting untuk memiliki rutin gigi check-up sehingga setiap masalah dengan gigi dan gusi dapat dideteksi dan diobati dini.
Jika Anda tidak pernah memiliki penyakit gusi dan memiliki kesehatan mulut yang baik, Anda mungkin hanya perlu mengunjungi dokter gigi setiap 1-2 tahun untuk check-up.
Anda mungkin perlu mengunjungi dokter gigi Anda lebih sering jika Anda memiliki masalah dengan penyakit gusi di masa lalu. Pada setiap janji dengan dokter gigi Anda akan menyarankan ketika Anda membutuhkan janji berikutnya.
Jika Anda memiliki peningkatan risiko mengembangkan masalah gusi - misalnya, jika Anda merokok atau menderita diabetes - Anda mungkin disarankan untuk mengunjungi dokter gigi Anda lebih sering sehingga gigi dan gusi dapat dimonitor.
Komplikasi penyakit gusi
Jika Anda memiliki penyakit gusi yang tidak diobati yang berkembang menjadi periodontitis, dapat mengakibatkan komplikasi lebih lanjut, seperti:
abses gusi (koleksi menyakitkan nanah)
surut gusi
gigi longgar
kehilangan gigi
Baca lebih lanjut tentang komplikasi penyakit gusi.
NHS dokter gigi
Setiap orang harus dapat mengakses layanan gigi berkualitas baik NHS. Tidak perlu mendaftar dengan dokter gigi.
Cukup menemukan praktek yang nyaman bagi Anda, apakah itu di dekat rumah atau kantor, dan telepon untuk melihat apakah ada janji yang tersedia.

Referensi:
http://mistercufflink.com/obat-gusi-bengkak-dan-penyebabnya-obat-apotik-obat-dokter.html
http://www.nhs.uk/Conditions/Gum-disease/Pages/Introduction.aspx

0 komentar:

Posting Komentar